Pengenalan Pajak Pertambahan Nilai Pada Remaja di Yayasan Yatim Piatu Al-Abqo Amanah

Penulis : Putri Istiana Dewi, Mahasiswa Prodi Akuntansi

screenshot_20211228-162428_whatsapp-santika-bella

Mahasiswa/i Prodi Akuntansi S1 Universitas Pamulang melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) dengan tema: Pengenalan Pajak Pertambahan Nilai Pada Remaja di Yayasan Yatim Al-Abqo Amanah, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 yang bertempat di Yayasan Al – Abqo Amanah, Jl. Jombang Raya no 24 RT 02/RW 07 Parigi kec. Pondok Aren Kota Tangerang, Banten 1227. Kegiatan dilakukan secara tatap muka dan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Prodi Akuntansi Bapak Syamsul Asmedi, S.E., M.M.,M.Ak sebagai Pembimbing kegiatan PMKM. Kegiatan  dilaksanakan oleh mahasiswa/i prodi Akuntansi S1, diantaranya: Santika Bella, Putri istiana dewi, Indah febrianti, dan Cinda fitria syafrilda.

Pelaksanaan kegiatan tersebut di mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Kegiatan pun berjalan dengan khidmat dan lancer dari awal sampai selesai. Sehingga sebelum pelaksanaan kegiatan, Panitia telah menyiapkan beberapa hal seperti membuat surat izin pelaksanaan kegiatan, menyiapkan materi yang akan disampaikan, serta beberapa rencana proses kegiatan  yang sudah diatur untuk kegiatan PMKM pada hari, Minggu ( 24 Oktober 2021).

Kegiatan PMKM ini dihadiri oleh Ibu Yarni selaku Ketua Yayasan Yatim Piatu Al-Abqo Amanah serta teman-teman remaja dari Yayasan. Kegiatan dimulai pada pukul 10.00 WIB dengan salam pembuka yang di sampaikan oleh moderator saudara/i Putri Istiana Dewi, kemudian pemberian kata sambutan yang pertama dari saudara/i Santika Bella selaku Ketua Pelaksana kegiatan PMKM, kemudian sambutan yang ke dua oleh Ketua Yayasan yaitu Ibu Yarni, Kemudian disambung dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh saudara/i Cinda Fitria Syafrilda yang membahas mengenai “Pengenalan Pajak Pertambahan Nilai Kepada Remaja”, setelah penyampaian materi dilanjut ke kegiatan selanjutnya yaitu kuis yang disampaikan saudara/i Indah Febrianti.

Pada kegiatan PMKM ini, bertujuan untuk membantu remaja dalam aktivitas peningkatan kualitas sumber daya manusia antara lain dalam hal perluasan wawasan, serta pengetahuan mengenai dasar-dasar pajak pertambahan nilai yang bisa bermanfaat bagi remaja di kemudian hari untuk melanjutkan studinya dalam bidang Akuntansi.

Pada penyampaian materi, terlihat Remaja di yayasan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan PMKM ini. Pemateri kami juga tidak hanya menyampaikan berupa penjelasan saja, namun diikuti dengan memberikan pertanyaan- pertanyaan atau kuis tentang materi yang disampaikan.

Beberapa dari Remaja juga ada yang termotivasi untuk lebih ingin tau tentang materi yang diasampaikan. Dari penjelasan yang disampaikan, mereka sudah cukup mampu memahami dan mengetahui mengenai Pajak Pertambahan nilai. Selanjutnya kegiatan PMKM ini berakhir pada pukul 12:00 WIB dan ditutup dengan pembacaan doa bersama, penyerahan piagam kepada ketua Yayasan Al-Abqo Amanah. Serta  pembagian cenderamata kecil untuk dibagikan kepada remaja-remaja yang sudah berkenan hadir dan meluangkan waktunya.

Pada kegiatan ini pula kami sangat mengharapkan semoga apa yang telah disampaikan dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat, khususnya Remaja yang mempunyai keinginan cita-cita yang tinggi dan bekerja di dunia perpajakan.

Editor : Yulianto