Solusi Kreatif Meningkatkan Kompetensi Menabung di Pesantren

Penulis : Khalfi Afwa Nuqatila, Mahasiswa Prodi Akuntansi

img-20211031-wa0082-khalfi-afwa

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang atau pendapatan yang dimiliki untuk disimpan dengan tujuan untuk mengelola uang tersebut. Manfaat menabung bisa diperoleh hasilnya ketika kita menjalani kegiatan menabung ini secara rutin dan tekun. Agar bertujuan untuk menjalankan pola hidup hemat dan membangun karakteristik supaya tidak memboroskan uang. Manfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih pada bidang keuangan. Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi, namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar ditambah dengan tidak terbisa menabung. Oleh karena itu disinilah peran penting untuk menerapkan pentingnya menabung sejak dini.

Untuk itu, melalui kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PmKM), kami mahasiswa/i Prodi Akuntansi Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang yaitu Khalfi Afwa Nuqatila sebagai ketua kelompok dan 3 anggota yang terdiri dari Noviyanti Ayu Nurwulan, Siti Nurhalizah, Sudiyarto, bersama dengan dosen pendamping kami yaitu Ibu Endah Finatariani, S.E., M.M tergerak untuk melakukan kegiatan sosialisasi tentang solusi kreatif meningkatkan kompetensi menabung di pesantren sebanyak 20 orang yang berkisaran 12-13 tahun.

Kegiatan PmKM ini dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2021 pukul 08.30 – Selesai, yang dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan di Pondok Pesantren Modern Ad-da’wah yang beralamat di SMK Binusta Jl. Kihajar Dewantara No.55, RT. 001/ RW. 002, Gondrong, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15146.

Editor : Yulianto