Menumbuhkan Kreatifitas Dari Barang Bekas Menjadi Barang Bernilai Ekonomi

Penulis : Dessy Juliana, Mahasiswa Prodi Akuntansi

gambar-2-dessy-juliana

Berdasarkan persetujuan dari pihak pengelola dan polisi setempat dengan mitra kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat (PMkM), maka PMkM dilaksanakan dengan cara melakukan pelatihan dalam bentuk pemberian materi dan praktik pengelolaan barang bekas.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 14 November 2021 selama 4 jam, dimulai dari jam 13.00pm sampai dengan 17.00pm. Penyampaian materi dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi serta tanya jawab dengan menggunakan alat bantu media berupa infocus. Untuk praktik dari materi menggunakan barang-barang bekas disekitar seperti botol bekas. Hal ini karena mengingat bahwa ditempat sekitar banyak sekali botol bekas yang menumpuk. Dengan itu mitra kegiatan pengabdian masyarakat berfokus untuk bagaimana cara mengelola barang bekas berupa botol bekas air minum mineral menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kembali hingga mampu mendatangkan keuntungan.

Barang yang akan dihasilkan adalah berupa barang vas bunga. Diawal pelaksanaan kegitatan pengabdian, dilakukan pembukaan oleh ketua mitra kegiatan pengabdian, lalu sambutan dari ibu Vivi Iswanti Nursyirwan selaku Dosen Pembimbing kegiatan pengabdian melalu media google meet dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dan praktik. Lokasi pelaksanaan bertempat dibawah kolong tol pos polisi BPL Pluit, Jakarta Utara. Peserta selama kegiatan pengabdian ini berlangsung sebanyak 15 peserta.

Editor : Yulianto