Meningkatkan Kesadaran Investasi dan Dana Darurat serta Pemilihan Investasi Yang Tepat Untuk Ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)

Penulis : Rosemary Dwi Herliza, Mahasiswa Prodi Akuntansi

img_5418-rosemary-dwi-herliza

Di era new normal ini, Investasi dan Dana Darurat sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Sudah banyak orang yang mulai menerapkan Investasi untuk menjaga dana nya agar terhindar dari adanya inflasi dalam kehidupan. Memiliki dana darurat juga dapat menghindarkan dari potensi kebangkrutan secara finansial. Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, corak, dan ragam investasi juga mulai mengalami perkembangan, dari Investasi yang bersifat kebendaan dan dilakukan secara langsung menjadi Investasi terhadap modal atau bentuk-bentuk Investasi baru yaitu surat berharga, seperti saham, obligasi, reksadana, emas, dan lain-lain. Dana darurat merupakan dana yang sengaja dipersiapkan untuk disimpan sebagai bentuk antisipasi dan dana tersebut akan digunakan secara khusus untuk berbagai kejadian atau situasi tidak terduga selama kehidupan berlangsung.

Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Ibu-ibu PKK di Kelurahan Rengas, Jl. Cempaka Raya No. 1, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan mengenai pentingnya Dana Darurat dan Investasi agar mencapai terkelolanya keuangan dengan baik. Sasaran aktivitas ini adalah diharapkan kedepannya ibu-ibu PKK dapat mengelola keuangannya dengan baik dan mulai menyiapkan dana darurat serta memilih invetasi yang tepat. Hal ini dirasa perlu karena Ibu-ibu PKK belum mengetahui bagaimana cara Investasi dan belum bisa mengelola keuangan untuk Dana Darurat. Kami juga berharap bukan hanya materi tentang peran Investasi dan Dana Darurat saja yang didapatkan, tetapi dapat diterapkan juga dalam kehidupan sehari-hari sehingga Ibu-ibu PKK mampu menentukan Investasi yang sesuai serta mengelola keuangan dan terciptanya kesejahteraan ekonomi dalam kehidupan di dalam rumah tangga maupun lingkungannya.

Dalam rangka mendukung kegiatan Perguruan Tinggi, dengan ini kami selaku mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi S1 Akuntansi UNIVERSITAS PAMULANG melaksanaan kegiatan PMKM (Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat) dengan judul “Meningkatkan Kesadaran Investasi Dan Dana Darurat Serta Pemilihan Investasi Yang Tepat Untuk Ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga)” yang telah dilaksanakan pada hari minggu, 21 November 2021 Pukul 09.00 WIB s.d 12.00 WIB bertempat di Kelurahan Rengas, Jl. Cempaka Raya No. 1, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Dengan dihadiri kurang lebih 10 orang peserta yang merupakan Ibu-ibu PKK Kelurahan Rengas dan perwakilan dari beberapa struktur jabatan organisasi tersebut seperti Ibu Lurah, Sekretaris Lurah, serta Bapak RW Rengas. Karena masih dalam masa pandemic Covid-19 dalam pelaksanaannya kami tetap menerapkan protokol kesehatan 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Memakai masker). Dan kami juga memberikan makanan, minuman, serta bingkisan kepada peserta yang hadir dalam undangan kami.

Kegiatan dimulai dengan penuh antusias dari peserta yang hadir mengingat materi yang akan kami sampaikan sangat ditunggu dan dibutuhkan oleh peserta yang hadir dengan dipandu oleh Ridwan Nugraha sebagai Moderator. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan berdoa bersama agar acara dapat berjalan dengan lancar dipimpin oleh moderator acara. Selanjutnya sambutan atas kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat yang disampaikan oleh Sekretaris Lurah Bapak Hendra Pratama S. E, kemudian dilanjutkan sambutan Bapak RW Dian, lalu dilanjutkan oleh dosen pembimbing kelompok PMKM Ibu Hj. Endah Finatariani, S. E., M. M. Dan sambutan terakhir disampaikan oleh perwakilan kelompok PMKM Putri Alwiyah Damayanti. Memasuki acara inti yaitu sosialisasi Investasi dan Dana Darurat, dimana dalam acara tersebut dijelaskan oleh Ketua PMKM Rosemary Dwi Herliza mengenai pengertian investasi dan Dana Darurat, manfaat, fungsi, dan perbandingan jenis Investasi yang disampaikan secara jelas.

Sementara, Bapak Hendra Pratama selaku Sekretaris Lurah mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Ibu-ibu PKK karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan dan menerapkannya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga mereka.

Kegiatan PMKM (Pengabdian Mahasiawa Kepada Masyarakat) yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Sarjana Akuntansi Universitas Pamulang yang dibimbing oleh Dosen S1 Akuntansi yaitu Ibu Hj. Endah Finatariani, S. E., M. M. dan terdiri dari 4 mahasiswa yaitu Rosemary Dwi Herliza, Putri Alwiyah Damayanti, Sandra Khafifah, dan Ridwan Nugraha.

Sebagai bentuk evaluasi atas pemahaman peserta pada acara ini maka pada akhir sesi diadakan tanya jawab kepada peserta yang hadir di acara tersebut. Sampailah pada akhir acara yang ditutup dengan pembacaan doa dan pemberian bingkisan yang selanjutnya dilakukan sesi foto bersama sebagai bukti dokumentasi.

Editor : Yulianto