HOW TO WIN A SCHOLARSHIP

Penulis : Samsul Marpitasa, Dosen Prodi Akuntansi

Pendidikan merupakan hak sebagai warga negara, begitu pula dengan peningkatan pendidikan. Hal ini tertuang dalan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 yang menyebutkan bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan kesempatan dalam meningkatkan pendidikan sepanjang hayatnya. Namun demikian, realitanya masih banyak masyarakat yang kesulitan dalam upayanya meningkatkan pendidikan. Kendala utama yang biasanya dihadapi oleh kebanyakan masyarakat adalah faktor finansial. Sejatinya kendala ekonomi ini dapat diatasi dengan mengajukan beasiswa karena dengan adanya beasiswa maka akan meringankan beban keuangan dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Beasiswa yang tersedia saat ini juga sudah cukup banyak jumlahnya, baik beasiswa untuk melanjutkan studi di dalam Negeri maupun beasiswa untuk melanjutkan studi di luar Negeri. Namun demikian, mendapatkan beasiswa juga tidaklah semudah membalikan telapak tangan, diperlukan beberapa persiapan matang yang harus dilakukan. Yang seringkali terjadi adalah kegagalan dalam mendapatkan beasiswa bukan karena kurangnya kompetensi yang dimiliki namun kurangnya pengetahuan mengenai bagaimana menjadi kandidat yang unggul dalam setiap tahapan seleksi yang ada.

Untuk mengatasi permasalah tersebut, Tim PKM merumuskan solusi dengan memberikan bimbingan kepada para pencari beasiswa dalam membuat essai, mengisi form aplikasi dan juga menghadapi interview. Narasumber yang dihadirkan merupakan para penerima beasiswa dalam Negeri, sehingga diharapkan akan mampu membagikan ilmu dan pengalaman mereka dalam menghadapi kedua tahapan seleksi tersebut. Kegiatan ini diselenggarakan secara virtual dengan mengadakan webinar yang merupakan lanjutan dari webinar sebelumnya. Adapun tema yang diusung dalam webinar kali ini adalah “How to win a scholarship”.

Terdapat beberapa output yang diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Pertama, peningkatan wawasan dan keterampilan para peserta sehingga memperbesar kesempatan mereka untuk mendapatkan beasiswa dalam Negeri.

Kegiatan webinar beasiswa dalam Negeri series ini diadakan oleh panitia yang beranggotakan 5 (lima) dosen yang terdiri dari 4 (empat) dosen Program Studi S-1 Akuntansi dan 1 (satu) dosen Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, yaitu ibu Siti Mundiroh, S.S., M.Ak., bapak Eka Rima, S.Pd., M.Pd., bapak Johan Syahbrudin S.Pd., M.Pd., bapak Prima Sadewa, S.Pd., M.Pd., dan bapak Samsul Marpitasa, S.Pd., M.Pd.  Adapun tema yang diusung dalam webinar series ini adalah “How to win a scholarship” dengan dua pembicara yang luar biasa. Para pembicara merupakan para penerima beasiswa S3 dari LPDP dan BPPDN. Bapak Eka Rima Prasetya, S.Pd., M.Pd. beliau adalah seorang Dosen Statistik di Universitas Pamulang dan Editor in Chief JIAUP   serta mendapatkan beasiswa S3 dari BPPDN pada tahun 2019. Pembicara ke dua kami yaitu bapak  Johan Syahbrudin S.Pd., M.Pd, beliau merupakan seorang dosen Fisika dasar dan Matematika diskrit di Universitas Pamulang dan mendapatkan beasiswa S2 dari BPPDN pada tahun 2013  dan S3 dari LPDP pada tahun 2021.

whatsapp-image-2021-12-27-at-11-00-12

whatsapp-image-2021-12-27-at-11-00-17

Editor : Yulianto